top of page
Search

SENSOR PARKIR

Sensor parkir mobil menjadi salah satu komponen yang harus ada pada setiap mobil. Berikut ini fungsi dari sensor parkir mobil.


1. Memberikan Peringatan


Sensor parkir yang tersedia pada mobil saat ini sangat berfungsi untuk memberi peringatan kepada pengemudi ketika terdapat objek atau kendaraan lain yang mendekat dari belakang mobil. Sensor parkir mobil sendiri terletak pada bagian bumper depan dan juga belakang mobil, sehingga sensor tersebut akan memberikan peringatan secara otomatis kepada pengemudi saat akan terjadi resiko tabrakan yang tidak terlihat oleh pengemudi.


Sensor mobil sendiri akan memberikan peringatan berupa bunyi yang volumenya akan semakin keras ketika mobil mendekati objek atau kendaraan lain yang berada di sekitar mobil.


2. Mencegah Benturan


Diciptakannya sensor parkir mobil tentu sangat berfungsi untuk membantu pengemudi mengamankan mobilnya dari benturan yang dapat merusak mobil bahkan membahayakan keselamatan pengguna mobil. Fungsi kedua dari sensor parkir mobil yaitu untuk mencegah terjadinya benturan mobil terhadap objek atau kendaraan lain yang berada di sekeliling mobil.


Cara Kerja Sensor Parkir Mobil


Pada dasarnya, cara kerja dari sensor parkir mobil sendiri cukup sederhana. Sensor yang terpasang pada bumper mobil ini akan secara otomatis bekerja dalam mendeteksi jarak antara bumper mobil bagian belakang dengan objek yang berada di dekat mobil.


Sensor parkir mobil sendiri memiliki dua rangkaian yang bekerjasama. Satu bagian sebagai transmitter yang berguna sebagai pemancar dan satu lagi bagian receiver yang berfungsi sebagai penerima.


Dengan begitu, sensor parkir mobil akan bekerja di mana pemancar dari sensor akan otomatis mengirimkan gelombang pemancaran dan kemudian dipantulkan kembali oleh objek yang berada di sekitar mobil. Pantulan gelombang tersebut kemudian akan otomatis diterima oleh receiver yang dikeluarkan dalam bentuk suara peringatan bagi pengemudi.


Pada umumnya, alarm sensor parkir mobil akan mulai berbunyi pada jarak 1,5 meter. Pada jarak 0,5 meter atau kurang, sensor parkir akan otomatis berbunyi dengan volume yang lebih keras untuk memberikan peringatan bagi pengemudi. Dengan begitu pengemudi dapat lebih berhati-hati ketika memarkirkan kendaraannya dan menghindari objek yang berada di sekitar mobil.


***


Itulah penjelasan mengenai salah satu fitur keselamatan yang terdapat pada mobil khususnya mobil keluaran terbaru. Anda dapat menemukan fitur sensor parkir dalam Hyundai Creta yang dikenal dengan sebutan Rear Cross-Traffic Collision-Avoid Assist.


Rear Cross-Traffic Collision-Avoid Assist merupakan salah satu sistem keselamatan dari Hyundai yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Fitur ini dapat membantu para pengendara untuk mendeteksi kendaraan ketika mundur. Jadi, jika Anda termasuk pengguna Hyundai, tak perlu cemas dan ragu akan masalah keselamatan. Sebab dengan fitur-fitur terkini dan canggih, Hyundai akan selalu memastikan Anda tetap aman dan selamat saat berkendara. 




2 views0 comments

Recent Posts

See All

PROMO AWAL TAHUN 2023

Promo awal tahun 2023 Harga Baru Harga Terbaik BINTANG BARU KELUARGA HYUNDAI STARGAZER Ready To Delivery FITUR SUPER LENGKAP di KELASnya Pricelist HYUNDAI JAKARTA 2023 Stargazer Active 7P MT 247.200.0

Post: Blog2_Post
bottom of page